A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/iqadacma/faperi.universitasmuarabungo.ac.id/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/iqadacma/faperi.universitasmuarabungo.ac.id/index.php
Line: 315
Function: require_once

Ringkasan Eksekutif | FAKULTAS PERIKANAN | U.M.B

FAKULTAS PERIKANAN | U.M.B

Jl. Pendidikan ( Jl. Lintas Sumatera arah Padang KM. 6)

Quality is Our Commitment

Ringkasan Eksekutif

Selasa, 02 Oktober 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 501 Kali

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan adalah program studi yang ada di Fakultas Perikanan Universitas Muara Bungo.  Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Berdasarkan SK Dikti Nomor : 81/D/O/2008. SK Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan telah diperpanjang dengan nomor : 11230/D/T/K-X/2012.

Jati diri Program Studi dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Nama Instansi : Universitas Muara Bungo

           Status Perguruan Tinggi         : Perguruan Tinggi Swasta

  1. Nama Program Studi :  Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan      

Alamat Program Studi             :  Jalan Pendidikan RT. 10 RW. 02 Km. 06 Kel.                              Sungai Binjai Kec. Bathin III Kabupaten Bungo

  1. Izin Pendirian             :  81/D/O/2008
  2. Izin Perpanjangan :  11230/D/T/K-X/2012
  3. Peringkat (Nilai)

Akreditasi Terakhir                 :  B

  1. Nomor SK BAN-PT         :  2754/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018

Dalam rangka pengajuan akreditasi Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan Universitas Muara Bungo tahun 2018, maka Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan telah menyusun laporan evaluasi diri sebagai gambaran umum kondisi Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas PerikananUniversitas Muara Bungo.

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan telah menetapkan visinya  yaitu : ”Tahun 2030 menjadi Program Studi yang unggul, menghasilkan lulusan berjiwa enterpreneur, profesional dalam pengelolaan sumberdaya perairan dan perikanan yang berwawasan lingkungan dan bersaing di tingkat Nasional berbasis nilai-nilai kearifan lokal serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esadengan misi program studi adalah:

  1. Meningkatkan dan mengembangkan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menghasilkan sarjana/ahli perikanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan perikanan.
  2. Mengimplementasikan ilmu perikanan dalam kegiatan penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menjalin kerjasama timbal balik dengan stakeholder dan pihak pengguna pada bidang yang relevan.
  4. Meningkatkan peran aktif alumni dalam pengembangan akademik dan non akademik.
  5. Menyelenggarakan jenjang pendidikan berkelanjutan dalam bidang perikanan yang dilandasi nilai kearifan lokal yang bersifat bijaksana, bernilai baik yang diikuti oleh anggota masyarakat.

Langkah-langkah untuk mewujudkan visi tersebut dituangkan dalam Renstra Program Studi tahun 2013-2030. Sampai saat ini Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan telah menghasilkan sebanyak 31 alumni yang didukung oleh 6 orang Dosen tetap dimana semua dosen sudah berkualifikasi S2. Untuk menunjang kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai berupa  ruang dosen, ruang bersama, 4 ruang kelas, ruang Hima, Perpustakaan dll sebagai sarana penting untuk menunjang proses pembelajaran telah dilengkapi dengan buku yang sesuai dengan bidang keahlian program studi. Bahan bacaan yang tersedia dalam perpustakaan terdiri atas 402 eksemplar buku, 150 skripsi/tesis, 3 disertasi, 10 judul jurnal Nasional, 3 jurnal Internasional, dan 10 Prosiding Nasional.  Untuk mendukung aktivitas pembelajaran dan penelitian juga sudah tersedia jaringan internet yang dapat diakses oleh seluruh sivitas akademika Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Dengan dukungan fasilitas dan sumber daya tersebut Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan telah menghasilkan berbagai prestasi baik yang diperoleh oleh dosen dan mahasiswa. Prestasi dibidang penelitian dosen, program studi perkanan tangkap mendapatkan berbagai hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari berbagai sumber.

Berita Pengumuman Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Rini Hertati, S.Pi., M.Si

Assalamualaikum Wr. Wb. Fakultas Perikanan Universitas Muara Bungo adalah salah satu Fakultas Perikanan terkemuka di Indonesia yang berkomitmen untuk menjawab…

Selengkapnya

KATEGORI